3 Museum Sejarah di Lampung - Lampung Eksis

3 Museum Sejarah di Lampung

Share This
Berwisata tentu menyenangkan jika berkunjung ke tempat wisata seperti pantai, danau, atau taman hiburan. Berburu kuliner khas daerah juga tak akan lupa dari rencana liburan. Tapi, berwisata sambil mengunjungi tempat bersejarah cagar budaya dan museum tentu juga menjadi kegiatan yang tak kalah menyenangkan pula. Menyegarkan pikiran sekaligus menambah pengetahuan.

Seperti daerah lain, Lampung juga mempunyai beberapa museum sejarah tempat mengenalkan pada historis, nilai-nilai, adat dan budaya Provinsi Lampung.

Berikut ini 3 museum sejarah yang ada di Lampung:

1. Museum Lampung

Museum Lampung merupakan museum pertama dan terbesar di Lampung dan merupakan kebanggaan pemerintah Provinsi Lampung. Museum Lampung berlokasi di Jl. ZA. Pagar Alam No.64, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung.

Museum Lampung memiliki koleksi benda-benda bersejarah yang berbau adat lampung. Tidak hanya itu, Museum Lampung juga menyimpan koleksi kebudayaan khas Indonesia.
Museum Lampung

2. Museum Nasional Ketransmigrasian

Museum Nasional Ketransmigrasian berlokasi di Jl. A.Yani No.111, Sukaraja, Kec. Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Dalam museum ini menjelaskan tentang proses transmigrasi masyarakat Pulau Jawa Ke Lampung pada era kolonial.

Koleksi di museum ini mulai dari foto, pakaian adat, alat musik yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat saat transmigrasi ke Lampung tempo dulu.
Museum Nasional Ketransmigrasian

3. Museum Mahkota Dipuncak Nur

Museum Mahkota Dipuncak Nur berlokasi di Jl. Sultan H. No.45, Sepang Jaya, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung. Museum ini dirawat oleh pewaris ke-18 keturunan Kedatun Dipuncak yaitu Suttan Seghayo Dipuncak Nur Mawardi Harirama bersama keluarga. Suttan Harirama memastikan rumah adat yang dulunya ditinggali raja ini tetap terawat dan dibersihkan secara rutin.

Museum ini memamerkan berbagai peralatan, perhiasan dan pakaian adat Lampung, termasuk senjata pusaka adat Lampung hingga kain-kain khas Lampung. Dan yang paling disoroti adalah singgasana yang terukir indah.
Museum Mahkota Dipuncak Nur
Demikian 3 diantara banyak museum sejarah yang ada di Lampung. Kalau kamu sudah mengunjungi yang mana nih?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar