Suoh Lampung Barat Kaya Akan Keindahan dan Kekayaan Alamnya - Lampung Eksis

Suoh Lampung Barat Kaya Akan Keindahan dan Kekayaan Alamnya

Share This
Lampung Eksis - Suoh adalah sebuah kecamatan yang terpencil yang ada di Lampung Barat, dimana di dalam nya terdapat kekayaan alam yang sangat melimpah dan keindahan alam yang sangat mempesona dimana ini bisa dikatakan mutiara yang terpendam dan belum terungkap, daerah Suoh berada di daerah Lampung Barat yang berjarak berkisar antara 250 km dari Kota Bandar Lampung. Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat memiliki potensi wisata yang cukup bagus berupa panas bumi yang setiap saat airnya mengeluarkan gelembung dan letupan serta empat buah danau berukuran cukup luas.

Untuk menuju ke Suoh dari Bandar Lampung bisa melalui dua jalur alternatif. Pertama, dari Liwa, Ibu Kota Lampung Barat, melalui Kecamatan Sekincau atau Kecamatan Batu Brak. Alternatif kedua, dari Kota Agung, Tanggamus, melalui Wonosobo, Banding, dan tiba di Suoh dengan waktu tempuh sekitar 5 jam. Bila lewat Lampung Barat justru lebih lama, bisa sampai 7 jam.

Saat ini jalan menuju Suoh sudah mulai bagus. Sebagian sudah dibeton, dan sebagian jalan aspal dan berbatu. Namun masih tetap nyaman dan aman untuk dilewati. Membayangkan beberapa tahun sebelumnya, jalan menuju Suoh sangat jelek masih berupa tanah merah. Bila hujan, ban mobil harus menggunakan rantai agar bisa melewati jalan tanah tersebut.

Objek Wisata Alam Suoh yang eksotis nan magis berada di Kecamatan Suoh, Lampung Barat. Tepatnya di bagian tengah sebelah timur Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Ia terbentuk dari letusan Gunung Ratu tahun 1933. Ada 4 danau berdekatan dan hanya dipisahkan oleh padang rumput (savana) dan rawa.

Berikut ini wisata unggulan yang ada di Suoh:

1. Danau Lebar

Danau ini diinformasikan memiliki luas sekitar 65 hektare. Danau Lebar semua adalah Danau yang paling luas yang membentuk hamparan air di kaki bukit hingga permukiman setempat. Namun danau ini kini makin menyempit antara lain karena sedimentasi. Danau yang lebih luas adalah Danau Asam.

Danau Lebar memiliki air jernih namun bila dilihat dari kejauhan pada saat cerah berwarna biru pekat. Pada Danau ini terdapat sebuah pulau yang berada di tengah danau. Pulau itu disebut dengan Pulau Lebar dimana pada pulau ini dipenuhi pepohonan.

2. Danau Minyak

Danau ini dengan luas sekitar 15 hektare. Danau ini nampak seperti ada minyak di permukaan airnya sehingga dinamai danau minyak. Selain berbau seperti minyak tanah "namun saat ini menurut warga setempat bau minyak ini kian menghilang" lapisan air di atas tak mau bercampur dengan lapisan bawahnya.

Didekat Danau Minyak ini ada dataran yang tinggi sehingga anda bisa leluasa memandang keseluruhan kawasan Danau Souh. Di danau ini telah dibangun spot untuk berfoto oleh masyarakat sekitar. Spot tersebut berbentuk jembatan yang terbuat dari bambu. Dataran tinggi ini juga cocok untuk dijadikakn tempat berfoto karena cakupan pemandangannya luas.
Source: IG @travelipiknik_liwa

3. Danau Asam

Luas Danau Asam sekitar 85 herktare yang terdapat pasir kuning di tepi danau ini. Dinamakan Danau Asam karena airnya memang terasa asam.

Jika ingin menuju Keramikan dengan berperahu di Danau Asam, kita akan menyusuri pinggiran danau berupa padang rumput. Dan akan melewati sumber air panas sebelum sampai di titik awal trekking menuju Keramikan. Berperahu hanya sekitar 5 menit, tidak lama.
Source: IG @ikbalkurnwn 

4. Danau Belibis

Danau ini disebut sebagai danau belibis karena disini digunakan sebagai tempat tinggal dan tempat berkembang biak burung belibis.

5. Padang Savana

Pada daerah pertengahan antara 3 danau terdapat hamparan padang savana yang ditumbuhi ilalang hijau, mirip bukit Teletubbies sungguh indah pemandangannya. Hamparan Padang Savana yang menghijau, sejauh mata memandang kita hanya akan melihat kombinasi hijaunya rumput ilalang dan birunya langit yang elok amat menyegarkan pandangan mata.
Source: IG @anggunwjynt 

6. Kawah Nirwana

Kawah dengan luas sekitar setengah hektare tersebut memiliki pemandangan yang luar biasa, semburan air panas di beberapa titik memunculkan hamparan bebatuan keramik, konon Kawah Nirwana jauh lebih indah dari kawah putih yang ada di Kota Bandung.
Source: IG @melyfebriana

7. Keramikan

Keramikan Suoh merupakan dataran yang berasal cairan dan pasir sulfur dari sumber panas Suoh yang sudah mengendap bertahun-tahun lamanya. Warnanya yang putih kekuningan dan agak transparan membuatnya dijuluki Keramikan (keramik). Ketebalannya bervariasi, ada yang puluhan meter tapi ada yang tipis hanya seberapa sentimeter saja. Karena itu, untuk melewati ini dibutuhkan pemandu lokal yang sudah hapal jalur agar menghindari terperosok ke dalam aliran air panas yang sangat berbahaya.

Hamparan lempengan batu, seperti kerak ketel uap panas mulai terlihat di depan mata. Sesekali di tengah dan ujung kaki bukit uap panas membumbung tinggi. Air panas itu pun terus menyembur pada beberapa sudut di sekitar kawah tersebut. Lapisan kerak itu disebut Keramikan berupa hamparan batuan yang mengeras laksana keramik.

Menurut masyarakat setempat, batuan ini berlapis-lapis dan bertambah luas. Di bawah hamparan yang mengeras seperti menyimpan sumber air panas yang tak pernah habis dan terus meletup-letup, pada beberapa bagian ada yang berukuran besar membentuk kubangan atau kolam, dan yang kecil serta mengalirkan air hangat.
Source: IG @ikbalkurnwn 

Suoh sangat indah dan mengagumkan bukan? Yuk, segera agendakan liburan kalian untuk menikmati keindahanya. Jangan lupa juga memberikan komentar mengenai keeksotisan tempat wisata yang ada di Lampung ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar